PENDAHULUAN
Konsep Teknologi Informasi
BAB I
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
karunia-NYA kepada penulis sehingga penulis berhasil menyelesaikan tugas Pengantar Teknologi Informasi ini dengan tepat waktu.
Tugas
ini berisi tentang pembahasan matakuliah Pengantar Teknologi Informasi. Penulis
menyadari bahwa isi dari tugas ini masih jauh dari kata sempurna, Oleh karna
itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis
harapkan demi kesempurnaan tugas-tugas penulis berikutnya.
Akhir
kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan
serta dalam penyusunan tugas ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT
senantiasa meridhoi segala usaha kita.
Cirebon, 28 Maret 2016
Penulis
LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat
sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan.Teknologi informasi
khususnya komputer merupakan suatu sistem yang terdiri atas perangkat software dan hardware mengalami
pertumbuhan yang pesat, bahkan komputer disebut-sebut sebagai
tonggak awal rovulusi teknologi digital. Revolusi
teknologi harus di imbangi dengan pembaharuan (innovation) pendidikan dan pembelajaran. Dengan masuknya teknologi informasi
khususnya komputer telah banyak merubah tatanan dan peran di masyarakat.
Komputer yang semula sekadar untuk membantu memecahkan hitung-hitungan rumit
kini bisa dipakai untuk olah kata, olah data, olah gambar, dan pangkalan data
berbagai bidang kehidupan. Apalagi dengan munculnya teknologi multimedia
interaktif yang sanggup menyajikan tulisan, suara, gambar, animasi, dan video
secara bersaman maupun bergantian.
Kemajuan teknologi informasi membuat aktivitas menjadi
serba cepat serta kehidupan dunia seperti tanpa batas
melalui komputer jaringan (internet) yang
tersebar di seluruh penjuru dunia. Berbagai jenis informasi dapat diakses
dengan cepat, akurat dan murah. Secara garis besar peranan teknologi komputer
seperti:
1)
Menggantikan peran manusia, dalam hal ini teknologi komputer melakukan otomasi
terhadap suatu tugas atau proses.
2)
Teknologi komputer memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan infomasi
terhadap suatu tugas atau proses.
3)
Teknologi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini,
teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan
tugas atau proses.
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terus
berkembang tanpa batas. Setiap hari pasti ada perkembangan dan kemajuan di
bidang teknologi informasi dan komunikasi. Namun kemajuan tersebut tidak
sepenuhnya membawa dampak baik bagi manusia ataupun penggunanya tapi kemajuan
teknologi juga menimbulkan dampak negatif yang tidak sedikit.
PEMBAHASAN
BAB I
1.1. DEFINISI TEKNOLOGI INFORMASI
· Alter (1992), Teknologi
Informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk
melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap,
mentransmisikan, menyimpan, memgambil, memanipulasi, atau menampilkan data.
· Kamus Oxford (1995)
: Teknologi Informasi adalah studi atau penggunaan peralatan
elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan
informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
· Pengertian dari Teknologi
Informasi dapat diartikan secara umum sebagai suatu subyek yang luas
yang berkenaan tentang teknologi dan aspek lain tentang bagaimana melakukan
manajemen dan pemrosesan pengolahan data menjadi informasi. Teknologi informasi
ini merupakan subsistem dari sistem informasi (information system).
1.2. MANFAAT TEKNOLOGI
KOMPUTER BAGI KEHIDUPAN
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan.
2.3. HUBUNGAN ANTARA
TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM
OPERASI
Sistem
informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu
organisasi: operasi, instalasi, perawatan komputer, perangkat lunak, dan
data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan
finansial dan personal manajemen.
Teknologi
Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara
mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses
penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman
informasi tersebut akan:
* lebih cepat
* lebih luas sebarannya,
dan
* lebih lama
penyimpannya.
Hubungannya
sama-sama bergerak di bidang informasi (pengolahan), dan teknologi informasi
merupakan bagian dari sistem informasi. Karena sistem informasi dapat tersusun
oleh beberapa teknologi informasi. sehingga apabila teknologi informasi
mengalami kerusakan maka mempengaruhi sistem informasi atau sistem informasi
juga akan mengalami gangguan.
1.4. INFRASTRUKTUR
INFORMASI
Infrastruktur informasi ini melipui hardware (perangkat keras), software
(perangkat lunak), jaringan komputer dan komunikasi data, dan basis data.
Berikut penjelasan dari masing-masing komponen:
1.4.1. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware
atau perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang
berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Berdasarkan
fungsinya, hardware dibagi menjadi:
1. Input device (perangkat masukan)
2. Process device (perangkat pemrosesan)
3. Output device (perangkat keluaran)
4. Storage device (perangkat
penyimpanan)
1.4.1.1. Input Device
Perangkat ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam
suatu memori an processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan.
Berdasarkan
sifatnya, input device dapat digolongkan menjadi dua yaitu:
· Input device langsung,
yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses.
Contoh alatnya: Keyboard,
Mouse, Touch screen, Light Pen, Digitizer graphics tablet, Scanner
· Input device tidak
langsung, yaitu input yang dimasukkan harus melalui media tertentu sebelum
suatu input diproses oleh alat pemroses.
· Contoh alatnya: Punched
card, Disket, Harddisk.
1.4.1.2. Process Device
Perangkat
ini berfungsi menampung segala sesuatu yang diinputkan oleh user/pengguna untuk
selanjutnya diproses sehinggan menghasilkan sebuah output. Perangkat ini
terdiri atas dua komponen, yaitu Main Memory dan CPU.
1.4.1.2.1.
Main Memory
Main memory ini merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan
data yang akan atau yang sedang diolah oleh sistem komputer. Main memory dibagi atas dua bagian, yaitu :
© ROM (Read Only Memory)
ROM
merupakan memori permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun
dan dibuat oleh pabrik dan biasanya tidak untuk dirubah oleh user komputer.
ROM terdiri dari program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti
BIOS, BASIC dan BootStrap Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala
tugas CPU (Central Processing Unit) saat komputer mulai diaktifkan/ dihidupkan.
© RAM (Random Access Memory)
Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan
dimasukkan terlebih dahulu ke dalam RAM. Data-data yang terdapat dalam RAM ini
hanya bersifat sementara, apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan
hilang.
1.4.1.2.2. CPU (Central
Processing Unit)
CPU
merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro
disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang
terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Didalam CPU terdapat 3 komponen
utama, yaitu:
© ALU (Arithmatic and Logic
Unit)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua
perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi
program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan
sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah
melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.
Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator
logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari
(<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar
atau sama dengan (³).
© CU (Control Unit)
Berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada
sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima data dan kapan alat
output menampilkan di monitor (Instruction Cycle).
Tugas
dari CU ini adalah :
ΓΌ Mengatur dan mengendalikan
alat-alat input dan output.
ΓΌ Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
ΓΌ Mengambil data dari memori utama
(jika diperlukan) untuk diprUoses.
ΓΌ Mengirim instruksi ke ALU bila
ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari
ALU.
ΓΌ Menyimpan hasil proses ke memori utama.
1.4.1.2.3. Register
Register
merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi,
yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih
disimpan di dalam memori utama.
1.4.1.3.
Output Device
Perangkat keras yang berfungsi
untuk menyajikan hasil output dari proses yang sedang bekerja pada
komputer. Peralatan output dapat
berupa:
§ Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
mencetak tulisan dan image pada media keras sepert kertas atau film. Output bentuk ini sifatnya
adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat
dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,
plotter, dan alat microfilm.
§ Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Alat outputnya dapat
berupa video display, monitor, dan
speaker.
§ Drive device atau driver, digunakan untuk merekam
simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti
magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output
dan juga sebagai alat input. Alat
output yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang
menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
1.4.1.4. Storage Device
Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan,
pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di
atas. Contoh dari memori eksternal adalah floppy disk,
harddisk, cd-rom, dvd. Hampir semua memori eksternal yang banyak dipakai
belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan
perputaran piringan tersebut. Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi
piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, waktu
akses pun semakin cepat, namun makin besar juga tekanan terhadap piringan
sehingga makin besar panas yang dihasilkan.
1.4.2. Software
(Perangkat Lunak)
1.4.2.1. Sistem
Operasi
Sistem Operasi adalah sebuah sistem untuk menjalankan kontrol dan
manajemen terhadap perangkat keras dan perangkat lunak yang lainnya. Sistem
Operasi dalam bahasa Inggris dinamakan “operating system” dan seringkali
disingkat menjadi OS.
Sistem operasi komputer terletak pada lapis pertama
HDD (Hard Disk Drive). Oleh sebab itu, saat komputer dinyalakan maka perangkat
lunak pertama kali bekerja adalah sistem operasi. Setelah sistem operasi, maka
aplikasi-aplikasi baru akan mulai beroperasi.
Perangkat yang satu ini pun tidak hanya berfungsi
sebagai perangkat lunak biasa, namun juga dapat menjalankan beberapa layanan
seperti berikut:
§ Melakukan proses
pengaksesan data
§ Melakukan manajemen
pada memori
§ Melakukan pejadwalan
tugas
§ Melakukan pengaturan
user interface
§ Dan masih banyak lagi.
Fungsi sistem operasi komputer dalam hal ini terbagi
menjadi 3 bagian, yaitu:
ΓΎ Fungsi sebagai
mediator, yaitu sistem operasi komputer dapat menjadi penengah atau penghubung
antara perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak komputer
(software).
ΓΎ Fungsi sebagai wadah,
yaitu sistem operasi komputer akan menjadi tempat install sebuah aplikasi dan
oleh sebab itu aplikasi yang telah diinstal tadi tidak dapat diinstal di luar
sistem operasi.
ΓΎ Fungsi sebagai
penerjemah, yaitu sistem operasi komputer akan melakukan proses penerjemahan
bahasa program tertentu untuk kemudian ditampilkan ke layar monitor berupa
kombinasi grafis dan teks.
1.4.2.2. Bahasa
Pemrograman
Bahasa Pemrograman (programming
language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar
mempunyai fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari
aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data
mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan
disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil
dalam berbagai situasi.
Fungsi
bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan
alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut
berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di
mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.
Berdasarkan Tingkat
Pemrograman, Bahasa Pemrograman dibagi 3 yaitu:
1. Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasa
tersebut mendekati bahasa manusia. Contohnya bahasa Basic, Visual Basic,
Pascal, Java, PHP.
2. Bahasa Tingkat
Menengah
Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam
bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya bahasa C.
3. Bahasa Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman masuk
tingkat ini karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia. Contohnya bahasa
Assembly.
Menurut kedekatannya
dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
1. Bahasa Mesin, yaitu
memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya
01100101100110
2. Bahasa Tingkat Rendah,
atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan
memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3. Bahasa Tingkat Menengah,
yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa
manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang
bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
4. Bahasa Tingkat Tinggi,
yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata
bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa
manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Berikut ini adalah daftar
bahasa pemrograman komputer:
Aro, Ada, ALGOL, Applescript,Assembly, BASIC:, ASP, BASIC, COMAL, Visual Basic, Visual
Basic for ApplicationsVBScript, BAIK, Batch
(MS-DOS), COBOL, UNIX shell
script:, Bourne
shell (sh) script, Bourne-Again
shell (bash) script, Korn
shell (ksh) script, C
shell (csh) script ™, C:™, C++™, C#™, Visual C++, ColdFusion, dBase dkk.:, Clipper, Foxbase, Visual FoxPro, Eiffel, Fortran, Go, Haskell, Java, JavaScript, JSP, Lisp, Logo, Pascal, Delphi, Perl Prolog, Python, PHP, Pike, R, REXX, REBOL, RPG, Ruby, Simula, Smalltalk, Scheme, SQL
1.4.2.3. Paket
Aplikasi/Aplikasi Pendukung
Paket
aplikasi adalah program software yang berfungsi melakukan tugas tertentu untuk
membantu mempermudah pengguna dalam menjalankan system operasi, dengan cara
program aplikasi tersebut di install , guna melengkapi kemampuan system operasi
Computer untuk menjalankan tugas – tugasnya yang lebih spesifik.
Program aplikasi
berdasarkan kegunaannya, bisa terbagi menjadi beberapa jenis, seperti :
1. Aplikasi
office, contohnya Microsoft
office, yang berfungsi membantu menunjang tugas administratif pada perkantoran.
2. Aplikasi
Grafis, contohnya CorelDraw, Photoshop,
dll. Yang fungsinya sebagai tempat pengeditan gambar, foto, dan juga teks.
3. Aplikasi
Multimedia, contohnya
Gom player, winamp, windows media player, QuickTime. Dll. Guna sebagai pemutar
file multimedia.
4. Aplikasi
Internet, contohnya Internet
Explorer, Mozilla Firefox, Opera, google Chrome. Dll. Fungsinya sebagai tempat
menjelajah internet, dengan kata lain adalah Browsing atau Searching.
5. Aplikasi
Game, contohnya Angry bird,
PlantsVsZombies, Luxor,Chainz, Solitaire, dll.
Dalam Aplikasi Office pun juga terdapat beberapa jenisnya, yaitu :
1. Aplikasi pengolah kata
2. Aplikasi pengolah
angka
3. Aplikasi pengolah
Basis Data
4. Aplikasi Pengolah
presentasi
1.4.3. Jaringan Komputer
(Jarkom) dan Komunikasi Data (Komdat)
Jaringan Komputer
(Jarkom)
Jaringan
komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang
saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi
sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras
komputer.Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai
kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih
yang saling terhubung.
Tujuan
dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim
(transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
Jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar
komputer-komputer client sehingga diperoleh suatu data yang relevan.
Manfaat Jaringan
komputer:
§ Dengan jaringan komputer,
kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah
diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.
§ Melalui jaringan komputer,
kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
§ Jaringan komputer
membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan
mudah.
§ Selain itu, pengguna juga
dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan
bantuan jaringan komputer.
§ Kita dapat mengakses
berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet
merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
§ Misalkan dalam suatu
kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan
komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer
saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan
jaringan komputer.
MACAM-MACAM
JARINGAN KOMPUTER
A. Berdasarkan
Jangkauan Geografis
1. LAN (Local Area
Network)
LAN merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah
kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas
areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan
teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar
10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit
juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.
2. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jaringan yang mencakup
suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang,
jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari
jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan
tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan
menjadi lebih simple.
3. WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan yang jangakauannya
mencakup daerah geografis yang luas, seperti sebuah negara bahkan benua.
B.
Berdasarkan Fungsinya
1.
Jaringan Komputer Peer to Peer
Merupakan model jaringan komputer yang dimana dalam
jaringan tersebut setiap komputer dapat difungsikan sebagai Client-Server.
2. Jaringan Komputer Client-Server
Merupakan model jaringan komputer dimana salah satu dari komputer difungsikan
sebagai Server untuk melayani komputer lain sebagai Client.
C.
Berdasarkan Media Transmisinya
1.
Jaringan Komputer Mengginkan Media Kabel (Wired Network)
Jaringan komputer ini menggunakan media kabel sebagai media transmisinya.
Jaringan komputer ini disebut juga dengan jaringan menggunakan media transmisii
terpadu (Guided Tranmission Media). Beberapa kabel yang bisa digunakan untuk
membuat jaringan model ini diantaranya Kabel Coaxial, Kabel TP (STP dan UTP),
serta Kabel Fiber Optic.
2.
Jaringan Komputer Tanpa Menggunakan Kabel (Nirkabel)
Jaringan komputer seperti ini menggunakan sistem gelombang sebagai sistem
transmisinya. Jaringan ini juga disebut sebagai jaringan komputer yang
menggunakan media transmisi tidak terpadu (Unguided Transmission Media).
Beberapa contoh media yang bisa digunakan antara lain: Gelombang Mikro,
Satelit, dan Infrared.
D.
Berdasarkan Distribusi Sumber Transmisi Datanya
1.
Jaringan Komputer Terpusat (Host Based Network)
Jaringan komputer ini terdiri dari komputer Client dan Server dimana salah satu
dari komputer Client berfungsi sebagai perantara untuk dapat mengakses sumber
informasi/data yang berasal dari komputer Server.
2.
Jaringan Komputer Terdistribusi (Distributed Network)
Jaringan komputer ini merupakan perpaduan dari beberapa jaringan terpusat
sehingga terdapat beberapa komputer Server yang saling berhubungan dengan
Client dan membentuk sistem jaringan tertentu.
E.
Berdasarkan Topologinya
1. Jaringan Komputer
dengan Topologi Linier Bus
Semua
simpul-simpul komputer dihubungkan melalui kabel yang disebut dengan Bus ke
dalam sebuah jaringan.
2. Jaringan Komputer
dengan Topologi Ring
Informasi
dikirimkan oleh sebuah komputer, akan melewati satu komputer ke komputer
berikutnya secara melingkar searah jarum jam.
Topologi
ring umumnya digunakan didalam jaringan token ring dan fiber Distributed Data
Interface (FDDI) yang banyak digunakan di kampus-kampus atau gabungan
gedung-gedung untuk menciptakan sebuah jaringan tulang punggung(backbone)
berkecepatan tinggi.
3. Jaringan Komputer
dengan Topologi Star.
Memiliki
komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol komunikasi yang disebut dengan
Konsentrator.
Ada dua
buah jenis Konsentrator :
a. HUB,
dipecah sebanyak jalur yang terhubung.
b.
Switch, dikirimkan secara utuh
4. Jaringan Komputer
dengan Topologi Mesh
5. Jaringan Komputer dengan
Topologi Tree
Komunikasi Data (Komdat)
· Data adalah Fakta atau bagian dari fkta yang
mengandung arti, yang dihubungkan dengan kenyataan, symbol-simbol.
· Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang
lebih berguna dan lebih brarti bagi penerima , yang menggambarkan suatu
kejadia-kejadian yang bersifat fakta yang digunakan untuk pengambilan
kesimpulan.
Komunikasi
data adalah komunikasi yang
secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara
komputer-komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital
yang dikirimkan melalui media komputer. Dapat pula diartikan sebagai hubungan atau interaksi (pengiriman dan peneriman)
antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik dengan jangkauan yang
sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas.
Komponen Komunikasi Data:
1. Pengirim : piranti
yang mengirimkan data.
2. Penerima : piranti
yang menerima data.
3. Pesan/Data
: informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar,
suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
4. Media Pengiriman
: media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa
kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.
5. Protokol : aturan-aturan
yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling
berkomunikasi.
Jenis-Jenis
Komunikasi Data:
1.
Jenis Komuniksai Data Melalui Infrastuktur Terestrial
Jenis
komunikasi data ini dapat dilakukan menggunakan media kabel dan nirkabel
sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun
infrastuktur jenis ini.
2. Jenis Komunikasi
Melalui Satelit
Jenis
komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai
aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu
menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial,
namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.
Sistem Komunikasi Data
1. Titik ke titik (point to point communications).
Informasi dari sumber hanya
ditujukan kepada satu point penerima saja.
Contoh : telepon, fax,
telegram.
2. Titik ke beberapa
penerima (multi communications).
Informasi dari sumber ditujukan kepada beberapa point penerima saja. Contoh:
jaringan dengan switch.
3. Menyebar (broadcasting communications).
Informasi yang diberika sumber dapat diterima oleh semua point yang terhubung
tanpa terkecuali. Contoh : televisi broadcast, radio broadcast.
Transmisi Data (Mode
Transmisi)
1. Simplex:
Media komunikasi antara pengirim dan penerima yang bersifat satu arah, dimana
sisi pengirim hanya berfungsi sebagai pengirim informasi, sedangkan sisi
penerima berfungsi sebagai penerima. Mode ini juga sering disebut one
way only.
2. Half
Duplex (HDX) : Suatu metode komunikasi yang dapat dilakukan dua arah
secara bergantian (waktu tidak sama). Dimana si pengirim dapat mengirimkan
informasi dan sisi yang lain berfungsi sebagai penerima sehingga mode ini
sering disebut sebagai saluran two way alternate. Adapun contohnya
dapat dilihat dari pemahaian Handy-Talky.
3. Full
Duplex (FDX) : Suatu metode yang digunakan pada komunikasi untuk dua
arah secara terus-menerus. Dimana sisi pengirim dan penerima dapat
berkomunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan. Adapun contohnya dapat dilihat
dari pemakaian HP.
1.4.4.
Basis Data (Data Base)
Basis data adalah, basis data terdiri dari 2 (dua) kata, yaitu kata Basis dan
Data. Basis bisa di artikan sebagai markas ataupun gudang, tempat berkumpul.
Sedangkan data yaitu kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek,
seperti manusia, barang, dan lain-lain yang direkam ke dalam bentuk angka,
bentuk huruf, simbol, teks, bunyi, gambar atau juga kombinasinya. Jadi
pengertian basis data adalah kumpulan terorganisasi dari data – data yang
saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat mudah disimpan, dimanipulasi,
serta dipanggil oleh penggunanya. Definisi Basis data juga dapat diartikan
sebagai kumpulan data yang terdiri dari satu atau lebih tabel yang terintegrasi
satu sama lain, dimana setiap user diberi wewenang untuk dapat mengakses (
seperti mengubah,menghapus dll.) data dalam tabel-tabel tersebut.
DBMS (Database Management
Systems) :
Perangkat
lunak yang menangani semua pengaksesan ke database.
Sistem Basis Data : DBMS
+ Basis Data
Konsep Basis Data:
– Konsep Basis Data
sebagai kumpulan data yang saling terpadu.
– Pengertian sistem basis
data adalah sebagai sistem penyimpanan berkas data yang saling terpadu.
Contoh :
File Mhs File Kuliah File
Nilai
NPM Kode MK NPM
Nama Mhs Nama MK Kelas
Jurusan SKS Kode MK
Nilai
Beberapa Istilah yang
Digunakan Pada Basis Data
1. Enterprise
Suatu bentuk organisasi
seperti : bank, universitas, rumah sakit, pabrik, dsb.
Data yang disimpan dalam basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
Data yang disimpan dalam basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
Contoh data operasional :
– data keuangan
– data mahasiswa
– data pasien
2. Entitas :
Suatu obyek yang dapat
dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalam basis data.
Contoh :
Contoh :
Entitas dalam lingkungan
Bank terdiri dari :
– Nasabah
– Simpanan
– Hipotik
Contoh :
Entitas dalam lingkungan
Pabrik terdiri dari :
– Supplier– Part
– Shipment
Kumpulan dari entitas disebut Himpunan
Entitas.
Contoh :
semua nasabah, semua
supplier
3. Atribut (Elemen Data)
Karakteristik dari
entitas tsb.
Contoh :
Entitas Nasabah,
atributnya terdiri dari : Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah.
4. Nilai Data (Data
Value) :
Isi data / informasi yang
tercakup dalam setiap elemen data.
Contoh :
Atribut Nama Nasabah
dapat berisi Nilai Data : Nina, Rika, Gema, dsb.
5. Kunci Elemen Data (Key
Data Elemen)
Tanda pengenal yang
secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas.
Contoh:
Entitas Nasabah yang mempunyai atribut-atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah, dsb menggunakan Kunci Elemen Data Kode Nasabah.
Contoh:
Entitas Nasabah yang mempunyai atribut-atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah, dsb menggunakan Kunci Elemen Data Kode Nasabah.
6. Record Data
Kumpulan isi elemen data
(atribut) yang saling berhubungan.
Contoh:
kumpulan Atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah berisikan “931109”, “Nina”, “Jl. Keamanan 63A”.
kumpulan Atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah berisikan “931109”, “Nina”, “Jl. Keamanan 63A”.
Contoh Informasi Dari
Suatu Enterprise
ENTITAS ATRIBUT NILAI
DATA
Pelanggan Kode Pelanggan
123H
Nama Pelanggan PT. Maju
Terus
Alamat Jl. Salemba Raya
53
Rekening Kode Rekening
63H250
Jenis Rekening Cek
Jumlah Rekening 1.000.000
Penyalur Kode Penyalur
3H20
Nama Penyalur PT. Jaya
Elektronik
Alamat Jl. Margonda Raya
100
Komponen Sistem Basis
Data
1. Data
Disimpan secara terpadu
(integrated) dan dapat dipakai secara bersama (shared).
2. Perangkat Keras
Terdiri dari unit
penyimpanan sekunder.
Contoh : disk, drum
3. Perangkat Lunak
Menghubungkan antara
pemakai dan data di dalam sistem basis data
4. Pemakai
Keuntungan dari Sistem
Basis Data
1. Data dapat dipakai
secara bersama.
2. Data dapat distandarisasi.
3. Mengurangi redudancy
(kerangkapan data).
4. Kemandirian data,
dapat digunakan oleh bermacam-macam program aplikasi tanpa harus merubah format
data yang sudah ada.
5. Keamanan data
terjamin, data dapat dilindungi dari pemakai yang tidak berwenang.
6. Keterpaduan data
terjaga, memelihara keterpaduan data berarti data harus akurat, hal ini sangat
erat hubungannya dengan pengontrolan kerangkapan data dan pemeliharaan
keselarasan data.
Kerugian dari Sistem
Basis Data
1. Storage yang digunakan
menjadi besar.
2. Dibutuhkan tenaga yang
terampil dalam mengelola data.
3. Perangkat lunaknya
mahal.
4. Kerusakan pada sistem
basis data dapat mempengaruhi departemen yang terkait.
5.
INFORMATION MANAGEMENT PERSONEL
A. ANALYST SYSTEM
Sistem
analis adalah orang yang bertugas untuk menganalisis sistem dengan mempelajari
masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta
mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek bisnis
dan teknologi komputer).
Nama
lainnya : system designer, business analyst, system consultant, system
engineer, software engineer, sistem analyst programmer, information system
engineer.
Tugas dan tanggung jawab
Analyst System:
a. Tanggung jawab analyst
system tidak hanya pada pembuatan program
komputer
saja, tetapi pada sistem secara keseluruhan.
b. Pengetahuan analis
sistem harus luas, tidak hanya pada teknologi komputer, tetapi juga pada bidang aplikasi yang
ditanganinya.
c. Pekerjaan analyst
system dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar.
d. Pekerjaan analyst
system melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas pada sesama analyst system, programmer
tetapi juga pemakai sistem dan manajer.
B. PROGRAMMER
Programmer
adalah orang yang bertugas untuk menulis kode program untuk suatu aplikasi
tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system analis(lebih memahami
teknologi komputer).
Tugas dan tanggung jawab
Programmer :
a. Tanggung jawab
pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer.
b. Pengetahuan programer
cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilitas dan
bahasa-bahasa program yang diperlukan.
c. Pekerjaan programer
sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program.
d. Pekerjaan programer
tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang
mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.
C. OPERATOR
Operator
merupakan SDM yang tugasnya mengoperasikan menghidupkan hardware, menjalankan
software, berinteraksi dengan hardware dan software yang sedang beroprasi, dan
menyudahi operasi (menghentikan software dan mematikan hardware). Operator
tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan IT, selain pelatihan sesuai
tugasnya. Dalam melaksanakan tugasnya, tentu memerlukan otoritas yang cukup
tinggi karena harus bisa menghidupkan dan mematikan sistem. Mereka memiliki
akses penuh atas console sistem dan aplikasi untuk sistem produksi. Oleh karena
itu operator harus bekerja di ruang khusus yang tidak boleh dimasuki oleh siapa
saja selain yang diijinkan oleh pimpinan operasi. Sebaliknya, console sistem
dan aplikasi untuk sistem produksi di set-up sedemikian rupa supaya tidak bisa
dibuka diluar ruang operator.
Operator IT bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan
dan menjaga alat-alat IT untuk pengguna.
D. MAINTENANCE
Maintenance atau teknisi komputer/IT adalah orang yang
bertugas mengurus kedua pemeliharaan alat IT dan koordinasi penggunaannya di
seluruh perusahaan. Bisnis mengandalkan operator IT untuk memecahkan
masalah komputer dengan cepat dan menghasilkan laporan tentang penyelesaian
masalah ini. Kecuali untuk beberapa fungsi, peran "teknisi Web"
dan "operator IT" yang sangat mirip. Perbedaan utama adalah
bahwa operator IT adalah spesialis jaringan dan teknisi, sedangkan teknisi Web
mengkhususkan diri dalam Internet.
Tugas
dan tanggung jawab Maintenance:
· Memberikan dukungan
kepada pengguna dan memastikan mereka memiliki informasi yang diperlukan
tentang cara menggunakan alat komputasi.
· Mengoperasikan dan
memelihara alat komputer.
· Laporkan setiap anomali
atau kegagalan dalam pengoperasian peralatan dan memberikan solusi yang
mengoptimalkan penggunaan komputer.
· Menjaga buku catatan pada
berbagai solusi dan saran untuk mereka gunakan.
· Memastikan kualitas
layanan untuk operasi TI.
PENUTUP
Simpulan
Teknologi
informasi memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan oleh
karena itu perlu mendalami ilmu teknologi informasi ini untuk mengoptimalkan
penggunaan teknologi informasi diberbagai aspek kehidupan.
Mahasiswa
dituntut untuk membuahkan pemikiran-pemikiran baru agar tidak hanya sebagai
pemakai saja tetapi menjadi pemberi solusi untuk teknologi informasi yang
terbarukan. Untuk membuahkan teknologi informasi yang terbarukan mahasiswa dituntut
untuk belajar menganalisa berbagai masalah dan menciptakan pemecah masalah
baru, karena teknologi akan selalu berkembang ke berbagai aspek kehidupan
manusia.
Pada
zaman teknologi canggih ini teknologi informasi tidak hanya dipakai untuk
pekerjaan seperti pengolahan data tetapi sudah menjadi keperluan utama di dalam
mencari informasi-informasi mengenai ilmu pengetahuan bahkan sekarang telah
menjadi media hiburan, karena melalui teknologi informasi kita dapat mengakses
berita dengan cepat tanpa menunggu headline news dilayar televis, dan juga
teknologi informsi memudahkan kita berbagi pengetahuan dengan orang lain di
berbagai belahan dunia dengan cepat.
Orang
yang selalu menggunakan teknologi informasi akan menjadi orang yang terdepan di
dalam pengolahan teknologi dan informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar