Jumat, 11 November 2016


SEMESTER 5
MATERI BAB III
KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN SISTEM



Merencanakan proyek-proyek sistem
Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan
Mendefinisikan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan




Mengkaji tujuan, perncanaan strategi dan taktik perusahaan

Mengidentifikasi proyek-proyek sistem

Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem

Menetapkan kendala proyek-proyek sistem

Menentukan proyek-proyek sistem prioritas
Membuat laporan perencanaan sistem

Meminta persetujuan manajemen





Menunjuk team analis

Mengumumkan proyek pengembangan sistem

Melakukan studi kelayakan

Menilai kelayakn proyek sistem



Membuat usulan proyek sistem

Meminta persetujuan manajemen



Proses Perencanaan Sistem dibagi dalam 3 proses utama, yaitu:
1.      Merencanakan Proyek-proyek Sistem, meliputi:
a.      Mengkaji tujuan, perencanaan strategi dan taktik perusahaan
Perencanaan sistem harus sejalan dengan tujuan perusahaan . Ini berarti perencanaan sistem harus diarahkan untuk dapat merencanakan sistem informasi yang dapat mendukung kegiatan organisasi secara keseluruhan sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.

b.      Mengidentifikasi proyek-proyek sistem
Menentukan proyek-proyek sistem informasi yang dibutuhkan dalam suatu organisasi.
Contoh:   Dalam perusahaan bisnis proyek-proyek sistem informasi dapat berupa sistem informasi untuk:
®          Pengendalian penjualan dan pemasaran
®          Pengendalian distribusi
®          Pengendalian produksi
®          Pengendalian keuangan
®          Pengendalian persediaan

c.       Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem
Sasaran ini merupakan apa yang ingin dicapai oleh masing-masing proyek sistem:
Contoh: Sistem informasi penjualan, memiliki sasaran:
·            Memberikan pelayanan order kepada pelanggan dengan lebih baik
·            Meningkatkan volume penjualan
·            Menyediakan laporan penjualan yang tepat waktu kepada manager marketing

d.      Menetapkan kendala proyek-proyek sistem
Ada 3 faktor kendala:
o    Masalah dana
o    Masalah waktu
o    Mengenai batasan peraturan yang berlaku pada perusahaan tersebut

e.       Menentukan prioritas proyek-proyek sistem
Yaitu menentukan proyek-proyek sistem mana yang perlu dikembangkan terlebih dahulu, tentunya proyek-proyek sistem yang sangat diperlukan dan mendesak harus diprioritaskan

f.       Membuat laporan perencanaaa sistem
Isi dari laporan perencanaan system tersebut adalah:
v    Latar belakang organisasi
v    Proyek sistem informasi yang direncanakan
v    Sasaran pengembangan  sistem informasi
v    Kendala dalam pengembangan sistem informaasi
v    Menentukan prioritas-prioritas proyek sistem

g.      Meminta persetujuan manajemen
2.      Mempersiapkan Proyek-Proyek Sistem yang Akan Dikembangkan, meliputi:
a.      Menunjuk team analis
b.      Mengumumkan proyek pengembangan system
3.      Mendefinisikan Proyek-Proyek yang Akan Dikembangkan, meliputi:
a)      Melakukan studi kelayakan
Studi kelayakan                                 :  Suatu studi yang akan digunakan untuk
menentukan apakah pengembangan proyek sistem layak diteruskan atau tidak.
b)     Menilai kelayakan proyek sistem
a.       Kelayakan Teknik                  : - ketersediaan teknologi yang digunakan
-    ketersediaan staff ahli didalam  mengoperasikan teknologi yang digunakan
b.      Kelayakan Operasi                 : - kemampuan personil dalam
mengoperasikan sistem informasi yang
dibuat
-    Kemampuan dari sistem informasi untuk menghasilkan informasi
c.       Kelayakan Jadwal                  : Apakah sistem informasi yang
dikembangkan sesuai dengan jadwal yang
telah ditentukan.
d.      Kelayakan Ekonomi               :  - besarnya dana yang diperlukan untuk
pengembangan sistem
-    manfaat yang diperoleh oleh sistem informasi dibandingkan dengan biaya perkembangannya
e.       Kelayakan Hukum                 : Apakah sistem yang dikembangkan tidak
menyimpang dari hukum yang berlaku

c)      Membuat usulan proyek sistem

d)     Meminta persetujuan manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar