SEMESTER 5
BAB IV
ANALISIS SISTEM
A. PENGERTIAN ANALISIS SISTEM
·
Menurut
Yogiyanto (1995) analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi
yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk
mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang
terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
·
Menurut
Kristanto (2003) analisis sistem adalah suatu proses mengumpulkan dan
menginterpretasikan kenyataan-kenyataan yang ada, mendiagnosa persoalan dan
menggunakan keduanya untuk memperbaiki sistem.
B.
MENGAPA DIPERLUKAN ANALISIS SISTEM DALAM PENGEMBANGAN SISTEM
Fase
analisis sistem memberikan pemahaman tentang sistem yang sudah ada dan
menemukan peluang untuk pengembangan sistem menjadi lebih baik serta memenuhi
kebutuhan bisnis. Karena itu fase ini menjadi acuan penting dalam proyek
pengembangan sistem informasi.
C.
Langkah-Langkah Dalam Analisa Sistem
1. Identify
(Mengidentifikasi Masalah)
Mengidentifikasi
(mengenal) masalah merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam tahap
analisis sistem. Masalah dapat didefinisikan sebagai suatu pertanyaan yang
diinginkan untuk dipecahkan. Masalah inilah yang menyebabkan sasaran dari
sistem tidak dapat dicapai. Oleh karena itu langkah pertama yang harus
dilakukan oleh analis sistem adalah mengidentifikasi terlebih dahulu
masalah-masalah yang terjadi. Tugas yang harus dilakukan analis sistem adalah :
a.
Mengidentifikasi
penyebab masalah
Analis
sistem harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang aplikasi yang sedang
dianalisisnya. Untuk aplikasi bisnis, analis sistem perlu mempunyai pengetahuan
tentang sistem bisnis yang diterapkan di organisasi, sehingga dapat
mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah ini. Tugas mengidentifikasi penyebab
masalah dimulai dengan mengkaji ulang terlebih dahulu subyek permasalahan yang
telah diutarakan oleh manajemen atau yang telah ditemukan oleh analis sistem
ditahap perencanaan sistem. Misalnya terjadi penurunan omzet penjualan karena
banyak konsumen yang komplain terhadap divisi penjualan tersebut.
b.
Mengidentifikasi
titik keputusan
Setelah
penyebab terjadinya masalah dapat diidentifikasi, selanjutnya juga harus
mengidentifikasikan titik keputusan penyebab masalah tersebut. Titik keputusan
menunjukkan suatu kondisi yang menyebabkan sesuatu terjadi.Analis sistem bila
telah dapat mengidentifikasi terlebih dahulu titik-titik keputusan penyebab
masalah, maka dapat memulai penelitiannya di titik-titik keputusan tersebut.
Sebagai dasar identifikasi titik-titik keputusan ini, dapat digunakan dokumen
paperwork flow atau form flowchart bila dokumentasi ini dimiliki oleh
perusahaan.
Misalnya :
penyebab konsumen komplain karena pelayanan yang kurang baik terhadap konsumen.
Titik keputusan yang mengakibatkan terjadinya sebab masalah ini adalah
penanganan order langganan di bagian order penjualan yang kurang baik kepada
pelanggan.
c.
Mengidentifikasi
personil-personil kunci
Setelah titik-titik keputusan penyebab masalah
dapat diidentifikasi beserta lokasi terjadinya, maka selanjutnya yang perlu
diidentifikasi adalah personil-personil kunci baik yang langsung maupun yang
tidak langsung dapat menyebabkan terjadinya masalah tersebut. Identifikasi
personil-personil kunci ini dapat dilakukan dengan mengacu pada bagan alir dokumen
perusahaan serta dokumen deskripsi kerja (job description).
2. Understand (Memahami Kerja Sistem yang Ada)
Langkah
ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada
beroperasi. Diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan
penelitian. Bila di tahap perencanaan sudah pernah diadakan penelitian,
sifatnya masih penelitian pendahuluan (preliminary survey). Sedangkan pada
tahap analisis sistem, penelitiannya bersifat penelitian terinci (detailed
survey). Tugas yang harus dilakukan:
a. Menentukan jenis penelitian
b. Merencanakan jadwal penelitian
c. Membuat penugasan penelitian
d. Membuat agenda wawancara
e. Mengumpulkan hasil penelitian
3. Analyze
(Menganalisis Sistem)
Langkah
ini dilakukan berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian yang
telah dilakukan:
a.
Menganalisis kelemahan
sistem
b.
Menganalisis kebutuhan informasi pemakai sistem dan
pihak manajemen
4. Report
(Laporan Hasil Analisis)
Isinya
adalah:
1.
Alasan melakukan analisis sistem
2.
Menguraikan permasalahan-permasalahan
yang terjadi pada sistem lama
3.
Mengidentifikasi penyebab maslah
4.
Mengidentifikasi titik keputusan
5.
Menguraikan penelitian yang telah
dilakukan
6.
Menguraikan hasil analis
7.
Simpulan analisis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar